Sabtu, 26 Desember 2015

Pantai Ujung Pandaran, Kalimantan Tengah

Di setiap daerah provinsi pasti memiliki tempat wisata yang menarik. Pantai, gunung, hutan, kebun, sawah, dan sebagainya bisa jadi destinasi wisata yang menarik di daerahnya masing-masing. Di Sampit, Kalimantan Tengah ada satu pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi yaitu pantai ujung pandaran. Pantai ujung pandaran ini dapat dicapai dengan berkendara selama kurang lebih dua jam dari kota Sampit. Ada beberapa akses untuk masuk ke area pantai, dan bebas untuk memilih ingin melewati akses yang mana. Beberapa tempat ada yang mematok tarif sekitar 20ribu untuk layanan parkir kendaraan roda empat. Namun ada juga yang menawarkan parkir gratis akan tetapi kita membayar biaya sewa pondok yang berkisar antara 100ribu hingga 500ribu (berupa villa). Saya memilih untuk menyewa pondok seharga 100ribu, sekalian untuk menaruh barang bawaan dan tempat beristirahat, terhitung hemat karena biaya pondok saya share untuk berempat.


Air lautnya terlihat coklat dari kejauhan, tapi cukup jernih ketika dilihat dari jarak dekat. Villa-villa bertingkat yang seharga 500ribu viewnya langsung ke arah laut, cocok untuk berlibur dan menginap namun sayangnya untuk fasilitas mandi dan toilet agak kurang bersih.


Disini juga disewakan pondok kecil yang berwarna-warni berjejer rapi, jika dilihat sekilas mirip seperti di Brighton Beach, Australia. Disewakan pula perahu karet seharga 50ribu, saya mencoba menaiki perahu karetnya namun agak kesulitan karena ombak selalu menarik ke arah pantai, tetap saja menyenangkan untuk dicoba meskipun gagal mendayung.




Pantainya masih lumayan bersih dan sepi, tidak terlalu banyak pengunjung yang datang terasa seperti pantai milik pribadi :). Saya rasa pantai ujung pandaran ini layak untuk menjadi destinasi wisata seperti pantai-pantai lainnya meskipun air lautnya tidak berwarna biru seperti di derawan.
Satu hal yang paling wajib untuk dibawa ketika berlibur ke pantai yaitu sunblock. Karena disini sinar mataharinya terik sekali, kebayang kan pasir-pasir pantai yang saya injak pun terasa sekali panasnya jadi usahakan untuk memakai tabir surya :). Disini bebas untuk membawa makanan dari luar, jadi tidak masalah membawa bekal makanan apapun dari rumah, untuk yang tidak membawa bekal jangan khawatir karena disini kita dapat memesan makanan maupun minuman dan membeli beberapa cemilan di kios penyewaan perahu karet.







5 komentar:

  1. di sebelah mana nya tepat nya pantai ujung pandaran yg hamparan pasir nya luas kaya gt??

    BalasHapus
  2. di sebelah mana nya tepat nya pantai ujung pandaran yg hamparan pasir nya luas kaya gt??

    BalasHapus
  3. sekitar 500 meter dari perkampungan warga kak :)

    BalasHapus
  4. Ada no hp ato tlp yg bisa dihubungi g y tuk booking

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah untuk nomer telpon saya kurang begitu tau untuk disana

      Hapus