Jumat, 11 Desember 2015

Turkish Eggplant-Tomatoes Casserole

Bingung mau masak apa buat makan malam, lihat di kulkas cuma ada terong, mau makan pakai lauk tapi malas pergi belanja. Akhirnya iseng buka-buka Google, nyari menu terong agaknya sulit, banyak menu yang itu-itu saja. Bahkan beberapa menu ada yang copy-paste. Mulai kehabisan akal, eh untungnya kepikiran buat nyari menu masakan di Pinterest. Terimakasih abang-abang yang sudah menciptakan si Pinterest ini, selain banyak variasi menu, kita juga dapat melihat langsung gambar hasil masakannya. Saking banyaknya menu makanan yang tampilannya menarik, saya sempat bingung mau masak yang mana. Nah, ada satu menu yang menarik perhatian saya yaitu, "Turkish Eggplant-Tomatoes Casserole."
Resep ini dari salah seorang penulis blog feedmephoebe.com, namun saya menyesuaikan dengan bahan yang tersedia di rumah, untunglah bahan yang tertera di resep dan yang ada di kulkas saya nyaris semuanya ada.
Menunya super gampang, praktis, dan pastinya sehat. Ketika kita bosan dengan menu masakan terong yang biasa kita santap, tidak ada salahnya mencoba menu ini.

bahan-bahan :
2 buah terong, diiris kira-kira 0,5cm
1 buah tomat (dicincang)
3 buah bawang merah, diiris tipis
4 buah bawang putih, dicincang
1/2 sdt cabe bubuk
1/4 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt jintan bubuk (opsional)
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula
parsley secukupnya
minyak untuk menumis
100ml air

cara membuat :
- taburkan sedikit garam ke permukaan terong yang sudah di iris tipis, diamkan 20 menit.
- panaskan oven 180 derajat celcius.
- setelah didiamkan 20 menit, pan fry terong hingga permukaannya kecoklatan, kemudian sisihkan.
- panaskan minyak untuk menumis bawang merah dan bawang putih dengan frying pan, jika bawang sudah mulai layu dan tercium aroma wangi, masukkan tomat dan aduk rata.
- tambahkan cabe bubuk, jintan bubuk, kayu manis bubuk, garam, gula. aduk lagi hingga rata. kemudian tambahkan air.
- setelah mendidih masukan terong yang tadi sudah di pan fry. aduk rata, matikan kompor kemudian tutup frying pan dengan alumunium foil dan masukkan ke dalam oven, panggang hingga 20 menit.
-setelah matang, taburkan dengan irisan parsley dan siap disantap.


Rasa Turkish Eggplant-Tomatoes Casserole ini benar-benar enak dan segar karena adanya tomat, ditambah lagi dengan aroma jintan dan kayu manis, kemudian ada rasa gurih pedas. Buat saya, makanan ini cocok dimakan bersama nasi panas. Bakalan masak menu ini lagi, tentu. Bahkan ini masuk ke dalam list menu favorit masakan rumahan saya. Masak enak tanpa harus pakai daging :).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar