Sabtu, 12 Desember 2015

Keema Karahi

Beberapa hari ini ngebayangin makan makanan India-Pakistan, rindu sama sensasi wangi bumbu rempahnya yang dimakan dengan roti Chapati. Pas bulan ramadhan lalu saya pernah coba makan di rumah makan Taj Mahal yang ada di daerah pasar baru, untuk rasa lumayan enak tapi dengan porsi yang sedikit harganya agak sedikit pricey. Akhirnya setelah sekian lama nyari restoran yang pas dan belum ketemu, saya memutuskan untuk mencoba memasak sendiri masakan khas India-Pakistan. Banyak resep membuat masakan khas India-Pakistan ini di internet. Setelah baca resep sana-sini, akhirnya saya berburu bahan-bahan untuk memasak. Bumbu utama dalam masakan India-Pakistan yang paling sering digunakan selain bubuk kari adalah, garam masala. Garam masala disini bukanlah garam sebagaimana garam dapur yang biasa kita gunakan. Garam masalah adalah sebutan bagi berbagai rempah seperti kapulaga, lada, cengkih, jintan, kayumanis, pekak. Garam masala inilah yang memberi aroma pekat pada masakan India-Pakistan, beberapa orang ada yang kurang menyukai makanan dengan rempah yang terlalu berat.
Keema Karahi ini bahan utamanya adalah daging sapi yang digiling, saya menggunakan daging sapi giling yang ada lemaknya agar lebih juicy.


bahan-bahan :
200 gram daging sapi giling
1     buah tomat (cincang)
1     buah bawang bombay (cincang)
2     buah cabai hijau (iris tipis)
1/2     sdt garam masala
1        sdt cabai bubuk
1/2     sdt ketumbar bubuk
1        sdt garam
1/3     sdt gula
200ml air
minyak untuk menumis

cara membuat :
- tumis bawang bombay hingga layu, kemudian masukkan irisan cabai hijau.
- setelah cabai hijau agak layu, masukkan daging giling dan aduk rata. Tambahkan garam masala, cabai bubuk, ketumbar bubuk, garam, gula. Aduk rata kemudian tambahkan air dan masukkan tomat.
- Masak hingga air mendidih dan habis. Keema Karahi siap disajikan.


Memasak Keema Karahi ini sangatlah mudah, bahan-bahannya juga tersedia lengkap di supermarket. Saya sendiri membeli semua bahan yang dibutuhkan di Lotte Mart, saya pikir garam masala sangat sulit ditemukan di indonesia namun ternyata saya keliru.
Keema Karahi ini saya santap bersama dengan roti canai, sebenarnya akan lebih nikmat jika disantap dengan roti naan maupun chapati, sayangnya yang tersedia di supermarket saat ini hanya roti canai. Dengan menghabiskan dua buah roti canai saja sudah cukup mengenyangkan, bagi yang tidak ingin makan nasi mungkin menu ini bisa jadi alternatif. Banyak sekali resep masakan India-Pakistan yang ingin saya coba untuk membuatnya, begitu juga dengan resep timur tengah. Sedikit demi sedikit saya akan belajar membuat menu baru yang tidak kalah seru :).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar