Senin, 14 Desember 2015

Bhindi Aloo Sabzi

Saya yakin diantara kita masih banyak yang belum mengetahui sayuran yang bernama Okra/Bendi atau banyak sekali yang pernah melihat sayuran ini di pasar/supermarket tapi tidak mengetahui bagaimana cara memasak Okra.
Okra atau sering juga disebut Bendi/Bindi/Ladyfinger ini sering ditemui pada masakan india. Tekstur dari Okra ini renyah ketika dimakan, dan mengeluarkan getah lendir pada saat proses memasak. Namun getah lendir itu tidak berbahaya, malah dapat menjadi pengental bagi tumisan anda. Sayuran ini diyakini memiliki manfaat sebagai penangkal kanker usus besar, diabetes, kolesterol tinggi, dan konstipasi. Kandungan minyak pada biji Okra kaya akan asam lemak tak jenuh, sehingga baik untuk dikonsumsi. Sayuran Okra merupakan makanan rendah GI (glycemic index) , nilai GI Okra berkisar 20. Dan sayuran ini adalah makanan dengan serat larut, serat larut akan memperlambat proses pencernaan karbohidrat dan mengurangi dampak terhadap gula darah.


Kali ini saya akan mencoba mengolah Bhindi Aloo Sabzi. Tumisan Okra dan Kentang yang menggunakan bumbu rempah-rempah. Bhindi Aloo Sabzi ini adalah masakan India Utara (Punjabi). Biasanya disajikan bersama roti ataupun nasi. 


bahan-bahan :
5 buah okra (potong serong)
1 buah kentang (iris kecil)
1 buah bawang bombay (cincang)
4 buah bawang puting (cincang)
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt cabai bubuk
1 sdt garam masala
1/3sdt jintan bubuk
minyak untuk menumis
1 sdm garam
1/3sdm gula
200ml air

cara membuat :
- panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu.
- masukkan kentang dan okra.
- masukkan semua bumbu rempah, gula, garam, aduk rata. tambahkan air. masak hingga air mendidih dan habis. Bhindi Aloo Sabzi siap dihidangkan.


Aroma garam masala yang digunakan sebagai bumbu Bhindi Aloo Sabzi ini menambah nikmat masakan. Jika memasak Okra tanpa bumbu rempah, mungkin rasanya akan mirip seperi tumisan buncis. 
Dalam memasak okra, penting untuk mencuci Okra sebelum dimasak dan dikeringkan satu-satu dengan mengelap sayuran tersebut hingga benar-benar kering, hal ini untuk menghidari agar potongan Okra tidak lengket/menempel satu sama lain ketika proses memasak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar