Minggu, 03 Januari 2016

Mozzarella Baked Chicken - Menu Diet Sehat

Menu olahan daging ayam memang sangat banyak, dan daging ayam sendiri adalah bahan protein yang paling mudah ditemukan dimanapun selain dari harganya yang terjangkau dibandingkan dengan daging sapi. Ada beragam cara memasak daging ayam baik itu digoreng, dikukus, dipanggang, dan sebagainya. Selain cara mengolahnya yang beragam, bagian-bagian ayam pun dapat memberi rasa yang berbeda, contohnya daging ayam bagian paha memiliki rasa yang 'katanya' lebih manis dibandingkan daging ayam bagian dada yang rasanya tawar. Meski daging ayam bagian dada lebih tawar, diyakini lebih sehat karena mengandung sedikit lemak dan kaya akan protein.
Kali ini saya memasak daging ayam bagian dada tanpa tulang dan kulit, dan agar lebih sehat saya mengolah ayam dengan cara dipanggang menggunakan oven. Dan ayam disajikan dengan kentang panggang, wortel panggang, dan tomat ceri.


Bahan-bahan :
1 bagian dada ayam, belah dua
100 gram keju mozzarella

Bahan marinasi :
1 buah jeruk nipis
3 sdm madu
3 sdm kecap manis
2 cm jahe
2 sdm olive oil
bawang putih bubuk
cabe merah bubuk

cara membuat :
- iris-iris permukaan ayam sedalam 1/2cm seperti mengiris ikan.
- campurkan ayam dengan bahan marinasi dalam wadah alumunium hingga rata, diamkan 2 jam dalam lemari es. 
- setelah 2 jam, panggang ayam dalam oven dengan panas 180 derajat celsius selama 30 menit. 
- 10 menit sebelum matang, taburi ayam dengan keju mozzarella.



Untuk kentang dan wortel panggang, saya hanya menggunakan taburan oregano dan cabe merah bubuk tanpa tambahan garam sama sekali. Dan rasa dari kentangnya lebih nikmat meskipun tanpa menggunakan garam karena aroma dan rasa asli dari kentangnya sendiri sudah sangat berasa dan wangi. Dan olahan daging ayam ini sama sekali tidak menggunakan garam, hanya menggunakan bahan-bahan untuk marinasi dan keju mozzarella.


Menu ini cocok untuk yang sedang menjalani diet sehat dan sangat mudah untuk diolah. Sebagai pendamping ayam, bisa disajikan bersama sayur kukus/rebus dan kentang tumbuk sesuai dengan variasi yang diinginkan. Sehat itu mudah dan enak bukan :).











Tidak ada komentar:

Posting Komentar