Kamis, 07 Januari 2016

Ikan Ayam-Ayaman Bakar

Ikan ayam-ayam? karena saya seringkali menulis tentang olahan ayam mungkin kelihatannya saya seperti salah tulis, tetapi ini memang benar membahas ikan ayam-ayaman. Ikan ayam-ayaman atau juga biasa dikenal juga dengan nama ikan pakol/trigger fish ini termasuk kedalam ikan karang. Ikan yang termasuk kedalam jenis ikan karang ini merupakan organisme yang jumlahnya besar dan hidup di karang. Ikan ayam-ayaman ini tekstur dagingnya agak keras seperti kakap dan dagingnya lumayan banyak hingga di bagian pipi, ketika dimakan saya merasa teksturnya mirip daging ayam. 
Ikan ayam-ayaman bakar ini saya pesan ketika makan di salah satu rumah makan di daerah kelapa gading - pondok pangandaran, yang memang sangat terkenal dengan menu seafood yang enak. Harganya sebanding dengan besarnya ikan yang dihidangkan, untuk perhitungan harga sesuai dengan bobot ikan sendiri dan ikan ayam-ayaman ini per ons harganya Rp.10.500,-.
Bumbu dari ikan bakar ini rasanya gurih, karena bumbunya menggunakan kunyit. Sayangnya dengan penggunaan kunyit, tangan saya menjadi berwarna kekuningan setelah menyantap ikan bakar, maklum saja karena saya makan menggunakan tangan (makan ikan langsung dengan tangan memang paling afdol). 


Ikan ayam-ayaman memiliki tulang yang sedikit, hanya tulang tengah dan beberapa tulang pendek. Cocok bagi yang malas makan ikan karena takut tertelan tulang ikan. Bagi yang belum pernah makan ikan ayam-ayaman, kalian harus coba ikan ini karena rasanya beda dari ikan lainnya yang biasanya lembut dengan daging yang sedikit dan banyak tulang. Satu ekor ikan yang saya pesan dibanderol sekitar Rp.80.000,- yang berarti bobotnya sekitar 7-8 ons, sangat pas dimakan bersama keluarga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar