Sabtu, 09 Januari 2016

Nikmatnya Sop Iga

Hallo, selamat hari sabtu. Hari libur memang paling pas diisi dengan memasak di pagi hari apalagi buat yang bosan makan diluar. Sekarang saya membuat sop iga sapi, yang kuah kaldunya bening tapi kaya akan bumbu rempah. Menu ini termasuk menu kesukaan saya sejak kecil, daging iganya yang lembut dan mudah lepas dari tulang selalu bikin kangen. 
Sekarang semuanya serba praktis, pergi ke pasar beli bahan dasar dan untuk bumbu masakannya bisa langsung beli di tempat jual bumbu giling. Daripada beli sop iga di luar yang rasanya kurang nendang dan porsi sedikit lagi mahal, lebih baik masak sendiri dirumah. Modal untuk memasak sop iga sapi ini saya habiskan kurang dari 100ribu dan bisa untuk 6 porsi sop daging, murah bukan. Selamat mencoba dirumah :), resep bisa dilihat dibawah ini.

Bahan-bahan :
1 kg iga sapi
3  bunga lawang/pekak
4 bh kapulaga
3 batang daun bawang
seledri
garam
gula
2 liter air

bumbu halus :
8 bh bawang merah
10 bh bawang putih
2 cm jahe
1 cm lengkuas
4 bh kemiri

cara membuat :
- Didihkan air dalam panci, masukkan iga sapi yang sudah dicuci.
- Setelah iga sapi mendidih, ambil buih busa yang mengambang di permukaan dan buang. Ketika buih busa sudah dibuang semua. Masukkan bumbu halus, bunga lawang, kapulaga.
- Masak hingga 2 jam dengan api sedang. Setelah 2 jam, masukkan garam dan gula aduk rata dan masak hingga 30 menit, matikan api kemudian masukkan daun bawang. 
- Tambahkan seledri saat penyajian.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar